Senin, 11 Juni 2012

MEMBANGUN SEKOLAH GRATIS UNTUK ANAK- ANAK JALANAN


NAMA      : FITRIA SUMAWARDANI
NPM          : 12111935
KELAS      : 1KA16
TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 2 PART 2
TEMA       : SOSIAL
JUDUL      : MEMBANGUN SEKOLAH GRATIS UNTUK ANAK-  ANAK JALANAN



Pendidikan dan Kesehatan Gratis Harus di Evaluasi
Makassar, Upeks--Sistem pendidikan dan kesehatan gratis saat ini masih membutuhkan perhatian khusus, sebab masih banyak yang belum mendapatkan kedua hal tersebut. Sehingga harus dievaluasi. Sehingga jika terpilih dan diamanahkan oleh masyarakat, dirinya akan kembali mengevaluasi kedua program tersebut.
Hal tersebut diungkapkan kandidat Walikota Makassar, Syaiful Saleh, kepada wartawan, Selasa (6/6).Menurutnya, sistem pelayanan untuk pendidikan dan kesehatan gratis harus kembali dievaluasi serta dielaborasi.Sebab, masih banyak yang tidak menikmati."Pembangunan pelayanan kesehatan tak merata, yakni hanya di tempat tertentu, karena ada di tempat tertentu, sehingga tak di nikmati semua orang," jelas Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Perikanan Kota Makassar ini.
Sedang permasalahan pendidikan, kata dia, saat ini masih banyak anak yang belum tersentuh pendidikan, dan juga yang putus sekolah.
Mahasiswa yang memiliki waktu dan ilmu yang lebih untuk diberikan dan di aspirasikan dengan hal-hal yang berbau positif dan sosial lebih berguna bagi mahasiswa itu sendiri , untuk mengaspirasikannya dapat saya berikan pada tulisan saya pada tugas ilmu social dasar kali ini ,contoh-contohnya  seperti membangun sekolah di tanah milik pemerintah yang mau menyumbangkan setapak dua tapak tanah untuk kepedulian pendidikan anak bangsa yang kurang mampu ,ataupun di kolong jembatan yang layak dipergunakan untuk proses pembelajaran ,ataupun di pos-pos kelurahan yang ada di daerah tempat tinggal mereka .agar mereka tidak bekerja yang bukan pekerjaan atau kegiatan anak-anak pada umumnya ,yaitu mengamen di jalan-jalan ataupun meminta-minta di sudut-sudut jalan ,dan lain-lain cara mereka mencari nafkah untuk keluarganya . menurut pendapat saya hal itu tidak patut dikerjakan untuk anak-anak yang seharusnya masih mengunyah bangku sekolah , karena tidak keberadaan ekonomi di keluarganya , diadakan sekolah gratis untuk anak­-anak jalanan seperti penggambaran diatas seperti mereka . Dengan pengajar-pengajar yang rela berkorban dan bersosial untuk membantu kelangsungan kehidupan mereka di dunia pendidikan demi terciptanya generasi yang lebih berguna dan bermanfaat . Dari seputar dunia pendidikan kita dapat memberikan pengajaran bagi mereka bukan pada pendidikan formal saja ,tetapi kita juga dapat memberikan kebebasan kepada mereka untuk berkreasi dan mengekspresikan imajinasi mereka dalam berkarya . Ditempat yang tadi sudah kita bahas diatas kita memberikan pelatihan untuk anak-anak yang putus sekolah (anak-anak jalanan) tersebut kita bersama-sama membantu mengembangkan bakat kreativitas mereka dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk menghasilkan uang , selain anak-anak itu mendapatkan pendidikan mereka juga dapat menghasilkan uang untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan keluarganya . Seperti membuat bingkai foto dari kayu atau batang /ranting pohon , mebuat bunga dari sesetan kayu-kayu bekas ,atau pun sedotan bekas yang sudah di bersihkan ,dan lain-lain .
Selain itu kita dapat memperkenalkan media komunikasi dan informasi yang berguna di bidang pendidikan ,salah satu contohnya yaitu computer , kita juga dapat mengajarkan kepada mereka alat tersebut .agar kelak mereka dapat membuat lapangan pekerjaan yang juga bermutu sama dengan anak-anak di usia dini seperti mereka yang bersekolah di tempat yang layak .
contoh memperkenalkan mereka dengan computer yaitu salah satunya dengen memberikan layanan internet gratis untuk anak-anak jalanan dan masyarakat yang kurang mampu agar tidak tertinggal zaman (uptodate). contoh pelajaran atau kasus yang dapat kita petik yaitu ,

Sumsel Berikan Layanan Internet Gratis untuk Masyarakat

Palembang - Setelah sukses dengan program pro rakyat pendidikan dan kesehatan gratis, pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali memberikan layanan internet gratis yang dimulai dari kota Palembang. Program layanan internet gratis ini dilakukan dengan memasang wifi di setiap sudut kota Palembang.
Menurut Gubernur Sumsel, Alex Noerdin disela-sela launching wifi gratsi dan lomba blogger tingkat SMA, Jum'at (1/6) di Palembang,  jaringan wifi gratis yang dapat digunakan untuk seluruh masyarakat daerah ini dan ini dimulai dari kota Palembang.

"Kita ingin seluruh masyarakat melek teknologi, dan ini dimulai dari kota Palembang. Tahun 2013 akan dilakukana di seluruh kota kabupaten di Sumsel," Alex Noerdin.

Dituturkan Alex, saat ini pemerintah provinsi telah  menyiapkan infrastruktur Cyber city di mana masyarakat bisa  mengakses layanan Internet di beberapa tempat layanan publik seperti taman kota, tepat-tempat olahraga, bandara, pelabuhan, terminal bus, pusat-pusat perbelanjaan moderen, kampus, sekolah, dan tempat wisata lainnya.

"Ini salah satu cara mencerdaskan masyarakat agar bisa melihat dunia luar dan juga untuk menggairahkan bisnis wisata di Sumsel," tuturnya.

Dikatakannya, selain itu dengan adanya internet bagi masyarakat juga bisa memancing masuknya investasi di Sumsel. "Bagi para pebisnis bisa mengakses jaringan internet dari mana pun, sehingga lambat laun Sumsel menjadi daerah tujuan para investor," katanya.

Dengan  dengan adanya wifi gratis, maka Alex mengharakan Sumsel menjadi daerah yang memiliki lompatan jauh menyodok kota setelah Bandung Jakarta dan Surabaya. "Kami ingin menjadi daerah yang terdepan, bukan hanya di Sumatera tetapi juga dari pulau Jawa," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Sumsel, Sarimuda mengatakan di Palembang saat ini sudah terdapat 15 titik hotspot WiFi area. "Ini tahap awal setelah itu akan kita tambah lagi hingga masuk ke daerah pemukiman," ujar Sarimuda. (NS).
contoh tema  social lainnya yang dapat kita petik yaitu :

Referensi
http://www.suarakarya-online.com/news.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar