Jumat, 13 Maret 2015

Persiapan Setelah Lulus Sarjana Strata 1



Nama            : Fitria Sumawardani
NPM / Kelas : 12111935 / 4KA26
Tulisan 1 - Etika & Profesionalisme Teknologi Sistem Informasi



Sarjana (dari bahasa Sanskerta सर्जन, "penciptaan", dalam bahasa Inggris: undergraduate) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan sarjana (S-1). Gelar akademik atau gelar akademis adalah gelar yang diberikan kepada lulusan pendidikan akademik bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi. Gelar akademik kadangkala disebut dengan istilahnya dalam bahasa Belanda yaitu titel (dari bahasa Latin titulus). Untuk mendapatkan gelar sarjana. Secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun, tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 3,5 (tiga setengah) tahun ataupun lebih dari 6 (enam) tahun. Hal tersebut tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperolah gelar sarjana dinamakan dengan skripsi.
Setelah menyelesaikan program studi sarjana strata 1, persiapan kedepan yang akan saya hadapi masih panjang dan tentunya akan lebih sulit untuk menaiki level selanjutnya yaitu dunia kerja atau yang dapat disebut “The Real Word”. Persiapan yang akan saya lakukan setelah lulus sarjana strata 1 yaitu menyiapkan segala sesuatu yang akan menghantarkan ke dunia kerja, seperti halnya kematangan ilmu dari apa yang telah saya terima di perkulian, kesiapan mental, fisik dan pelatihan berbahasa asing (bahasa inggris).
Selain itu ada berbagai banyak hal di bidang bisnis yang ingin saya lakukan setelah lulus sarjana strata 1 yaitu seperti, membuat counter pulsa, bisnis berjualan pulsa sudah saya jalani sejak masih duduk di bangku SMA sampai sekarang tetapi masih usaha kecil – kecilan. Selain itu saya juga ingin membuat online shop pakaian wanita dan pria yang tidak hanya di jual melalui media sosial (BBM, What’s Up, Instagram) tetapi juga akan dipasarkan melalui website yang rencana nya akan saya buat setelah tercukupinya dana untuk menjual lebih banyak lagi model – model pakaian yang akan di perjualkan. Kemudian bisnis membuat tempat makan dan tempat les (bimbel) juga sudah ada di rencana saya dan semua bisnis - bisnis sudah saya persiapkan dari sekarang dengan mengumpulkan dana sedikit demi sedikit dari mulai SMA sampai sekarang untuk modal yang akan saya pergunakan nantinya, semua wirausaha yang akan dijalani pastinya akan berbasis sistem teknologi sesuai dengan ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan selama perkuliahan dan nantinya akan di kembangkankan.
Berhubungan dengan persiapan memasuki dunia kerja dan berbisnis ria, yang akan saya lakukan setelah lulus sarjana strata 1 yaitu persiapan mengumpulkan biaya dari hasil bisnis dan pekerjaan yang nantinya saya kerjakan setelah lulus sarjana dan mencari informasi beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 (Magister). Pada basic nya saya suka mengajar dan berbisnis dibandingkan dengan bekerja dikantoran lalu menjadi programmer yang handal, tetapi berhubung untuk menjadi dosen minimal diharuskan berpendidikan S2, jadi yang akan saya persiapkan setelah lulus sarjana strata 1 yaitu untuk menyiapkan diri, biaya, keterampilan dan wawasan untuk melanjutkan studi Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI.), sambil mencari pengalaman di dunia kerja seperti bekerja di kantor / perusahaan yang sesuai dengan minat dan bakat saya tekuni dan berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar