Kamis, 20 Oktober 2011

PROGRAM DIRI FITRIA

NAMA              : FITRIA SUMAWARDANI
NPM                 : 12111935
KELAS             : 1 KA 16 SISTEM INFORMASI
JUDUL TUGAS : PROGRAM DIRI

Apa itu program diri? itu adalah pertanyaan ketika kita membaca judul program diri. Menurut artikel yan saya baca, program diri adalah suatu bentuk perilaku yang menggunakan pikirannya yang positif dalam melakukan suatu hal dengan kegiatan yang sudah direncanakan secara teratur dan tersusun, sehingga dapat mencapai tujuannya dan memenuhi kewajibannya. Program diri itu adalah hal yang tidak kita sengaja rencanakan dari kecil, namun sekalipun kita rencanakan hanya takdir alami yang menentukan. Kita hanya berusaha dan berdoa, dalam program diri itu harus ada hal yang jelas seperti contohnya kita besar nanti mau jadi apa? Kita mau masuk universitas mana? Apa yang akan dilakukan setelah masuk universitas?. Itulah beberapa hal yang sering kita akan lakukan ketika kita mempunyai program untuk diri kita sendiri.
Sangat penting bagi kita untuk memprogram diri kita untuk berhasil dan mencapai kebebasan finansial. Hal tersebut tidak akan terjadi secara otomatis. setiap hari kita harus memilih untuk hidup dengan sikap penuh pengharapan bahwa yang akan terjadi adalah semua hal yang baik dan akan membawa kita pada kesuksesan.
Setiap bangun tidur dipagi hari, hal pertama yang harus kita lakukan adalah siapkan diri kita untuk mengarah kepada hal-hal positif dan mengarah kepada tujuan kita . Katakan : " Saya suka diri saya. Hari ini adalah hari yang indah.

Hal seperti ini harus dilakukan setiap hari agar kita memprogram bawah sadar kita dengan kesuksesan. Keadaan itu berputar atau berubah seiring dengan suasana hati, walaupun mencari kesenangan dalam kesengsaraan, masih juga bisa sibuk bukan main, dan sesungguhnya kegembiraan yang benar-benar tulus itulah yang merupakan hal yang paling menggembirakan dalam kehidupan ini !

Ada orang yang senang merangkul kesibukan dan keramaian, ada juga yang menyukai ketenangan dan kesantaian, tentu ada prinsip mendapatkan dan kehilangan, sesuai dengan kehendak masing-masing.

Tetapi ada sebagian orang yang mengharapkan jika bisa memiliki keduanya, mereka umumnya mengejar kesempurnaan itu dengan membabi buta, ingin mendapatkan kenyamanan dalam kemewahan juga ingin mendapatkan kesantaian dalam ketenangan, dengan keserakahan yang tak mengenal puas mendambakan segala hal bisa sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Dengan demikian secara sengaja maupun tidak membuat persoalan semakin rumit dan meresahkan hati, dengan sendirinya bertambah lagi kesibukan yang sebenarnya tidak perlu ada.

Semua persoalan itu ada awal dan akhir, ada yang duluan dan belakangan, ada berat dan ringan serta ada prioritasnya. Jika persoalan itu diselesaikan dalam perencanaan matang dan teratur, persoalan itu akan terselesaikan dengan sendirinya, jadi walau sesibuk apapun juga masih bisa menampakkan sikap yang tenang. Sebaliknya, dengan hati yang tidak sabar dan perasaan tak tenang, walau mempunyai kesenggangan waktu juga tidak bisa bersantai, walaupun tidak ada pekerjaan yang dikerjakan juga terasa sangat sibuk sekali.

Apa sebenarnya makna yang hakiki dari kehidupan dan apa tujuan dari hidup? Topik ini sudah sepatutnya untuk dipikirkan dan didiskusikan oleh setiap orang.

Asalkan arah hati kita diletakkan pada posisi yang benar, meski setiap hari dari pagi hingga petang harus bekerja keras membanting tulang, juga masih bisa dikerjakan dengan hati yang riang dan bergembira. Ini seperti ungkapan, “Manusia bisa mengerjakan tanpa dikejar, karakternya akan menjadi tinggi dengan sendirinya.” (Guo Wei/The Epoch Times/lin)

Nama Saya FITRIA SUMAWARDANI , setelah masuk di  perguruan tinggi saya semakin menguatkan tekat saya untuk lebih bersungguh – sungguh dalam belajar (mencari ilmu) , di UNIVERSITAS GUNADARMA ini saya mendapat beasiswa sewaktu saya mengikuti test di sekolah menengah atas (SMA) yang di adakan oleh pihak Universitas , berupa potongan harga dari harga persemester yang seharusnya di bayar dan tanpa test masuk bagi yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya di Universitas tersebut .
Akhirnya , setelah mengikuti beberapa test untuk masuk ke perguruan tinggi negeri , saya mengalami kegagalan  . yahh walaupun  kegagalan bukan akhir dari segalanya , tapi saya tidak patah semangat ,  walaupun penyesalan tetap ada , itu yang menjadi motifasi saya agar tidak gagal lagi di kemudian hari .Saya melanjutkan pendidikan di Universitas  Gunadarma dan saya harus berhasil di tempat ini . Saya jadi ingat perkataan guru saya di SMA “ kesuksesan di raih bukan hanya di Universitas Negeri , tetapi pada kemampuan kita , bakat / skill kita pada jurusan yang kita senangi , minati , cintai , dan sungguh-sungguh  serta ikhlas “ . Selain itu saya juga ingin membuktikan bahwa saya bukan hanya semata-mata karna mendapatkan beasiswa tapi  juga ingin berprestasi di dalam jurusan yang sudah saya pilih yaitu, SISTEM INFORMASI . Awalnya saya tidak tahu persis akan jurusan tersebut , tapi setelah saya mencari informasi , saya sedikit faham tentang  “apa sih Sistem Informasi ? ,dan kedepannya seperti apa sih ? “ . Saya rasa saya memasuki dunia baru , yang sebelumnya saya tidaak mengetahui , seperti pemrograman . Tapi saya tidak  boleh ngedown atau minder sama temen – temen  , disini saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan yang terbaik dan bertanggung jawab atas apa yang sudah saya pilih . Saya punya keinginan di semester 1 ini saya mendapat nilai IPK  3,8 bahkan perfect (4,0) . ammiiiinnn ! dan begitu selanjutnya di semester-semester berikutnya . Target saya ingin selesai kuliah 3 setengah tahun (semester pendek), tapi saya denger-denger di kampus tidak ada program tersebut , yahh entahlah ! Itu benar atau tidak , kalo ada saya ingin mencobanya . Sekarang yang saya inginkan lulus tepat 4 tahun (8 semester) dengan IPK  yang membanggakan , yaitu 3,9 atau bahkan perfect (4,0) dan yang pastikan tidak ada mata kuliah yang mengulang , karena itu yang membuat waktu yang terbuang atau sia – sia .
Amiiin …
Untuk menghadapi era globalisasi , Universitas Gunadarma telah membuka kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan , baik di dalam negeri maupun di luar negeri , dan pada tahun 2006 ini Universitas Gunadarma telah membuka program baru , yaitu program SARMAG (Sarjana-Magister), sebagai cikal bakal kelas-kelas internasional . Setelah saya mendapatkan informasi tersebut lewat Buku Pedoman Fakultas ,saya tertarik untuk mengikuti program tersebut . Saya ingin sekali bisa bergabung kedalam program tersebut , untuk itu saya harus memulainya dari awal , dengan meningkatkan nilai IPK saya dari semester ke semester , rajin membaca ilmu – ilmu pengetahuan khusus nya tentang  mata kuliah yang ada di jurusan system informasi  , bersungguh-sungguh dalam mengikuti  perkuliahan dan tak lupa selalu berdo’a kepada ALLAH SWT .
Tak lupa saya juga mempunyai motifasi untuk membantu orang tua dalam membiayai saya kuliah , yahh setidaknya untuk saat ini hanya bisa untuk menambah uang jajan ,dan untuk menabung perbulan di bank  .Pada semester 1 ini saya mencoba untuk berbisnis ria , dari mulai berjualan pulsa yang sudah saya tekuni sejak saya duduk di kelas 2 SMA sampai sekarang , dan baru-baru ini saya  mencoba berbisnis menjual file / binder bareng temen saya yang juga sedang berkuliah seperti saya . Tak lupa di semester yang baru – baru ini saya ingin memperdalam untuk belajar algoritma dan pemrograman , serta pengetahuan – pengetahuan yang berbasis computer , karena saya  masi belum mengenal betul alat media massa komunikasi dan informasi itu ( computer ) .
Di semester 1 ini saya sedang mencoba untuk mencintai , menyukai  mata kuliah yang ada pada jurusan system informasi , terutama  algoritma dan pemrograman . Dengan mencintai saya  fikir saya akan lebih mudah dalam mempelajarinya , hingga saya lulus semester 1 ini .
Pada semester 2 ,  saya ingin mencoba berbisnis yang lain nya . yahhh belum terfikirkan untuk sekarang . Tapi , kalo liburan semester saya ingin mencoba melamar pekerjaan (magang ) di  perusahaan / kantor / PT yang membuat even yang hasilnya untuk di jadikan modal usaha saya dalam menjual pulsa  . Dan yang pasti nya tidak mengganggu waktu kuliah saya .
Sambil berbisnis ria , saya juga mencari link-link atau informasi-informasi lowongan pekerjaan , karena saya mempunyai niat pada semester 6, dan 7 saya ingin menjalankan kuliah sambil bekerja . Pada semester 8 saya ingin focus dalam pembuatan skripsi saya nanti . Saya berharap skripsi saya  berjalan dengan sukses dan sempurna  serta mendapat gelar S,kom.  Ammiinnn yaa allah
Setelah lulus sarjana , saya ingin mencari pekerjaan dan mengumpulkan uang untuk membantu orang tua dalam membiayai lanjutan kuliah saya , ingin nya sepenuhnya saya mebiayai lanjutan kuliah saya dan membantu  membiayai sekolah adik saya yang sekarang masi duduk di Taman Kanak-Kanak . Saya ingin sekali bisa berkuliah sampai dengan master magister (S2) dan mendapat gelar MMSI, atau bahkan S3  dan yang pasti biaya nya dari hasil keringat saya sendiri . Saya bercita-cita ingin menjadi pegawai bank syariah, sejak saya duduk di bangku sekolah dasar . Sebenarnya untuk cita-cita saya ini pantasnya mengambil jurusan akuntansi / ekonomi , tapi semoga saja di jurusan yang saya tekuni dan bakat yang saya miliki , saya dapat bekerja di BANK SYARIAH .
Saya pernah  bertanya-tanya kepada senior yang menjadi Asdos (Asisten Dosen) tentang criteria calon Asdos , seperti IPK tinggi , mempunyai kreatifitas , dan lain – lain  .menurut saya lumayan sulit untuk memenuhi  criteria tersebut , tetapi hati saya mendorong untuk saya untuk menjadi asisten dosen . Semoga saja saya diberi kesempatan utuk menjadi asisten dosen .
Di semester 3 nanti , pasti nya saya wajib lebih bersungguh – sungguh dalam perkuliahan , agar jika saya akan melanjutkan studi ke semester berikutnya , saya sudah dibekali dengan berbagai pengetahuan memadai dari semester – semester sebelumnya . terutama konsep – konsep kerja dari komponen – komponen computer .
Fokus – focus dan lebih  focus serta bersungguh – sungguh  pada semester  4 , contohnya dalam meningkatkan nilai dalam mata kuliah , dan memperbaiki sikap dan tak – tik dalam belajar agar mudah dalam mengambil konsep belajar yang jauh lebih baik dari semester – semester sebelumnya . Di samping itu dalam mencari pergaulan dari semester ke semester harus lebih memilah – milah dalam artian yang positif , seperti teman yang sepemahaman dengan kita , asik di ajak kerjasama , dan lain – lain .
Pada semester  5  seperti semester – semester yang sebelumnya , menaikkan IPK dan lebih bersungguh – sungguh dalam proses belajar mengajar di kelas agar dapat menambah wawasan , pengetahuan dari setiap permata kuliah dari setiap semester nya .
SKS per SKS setiap semester akan di selesaikan , dan pada semester 6 seperti yang telah saya jelaskan di atas , saya ingin kuliah sambil bekerja pada even ( kesempatan ) yang di tawarkan . mungkin kedengarannya lelah , capek ,  tapi  semua belum sebanding  dengan kerja keras dan pengorbanan orang tua saya . semangat .. semangat … dan semangat …. Meningkatkan nilai  IPK  dari semester sebelumnya sudah menjadi motifasi saya  .
Pada semester 7 saya sudah harus mempunyai pandangan , saya akan kemana setelah lulus kuliah nanti ? yyaaa walaupun sekarang sudah terbayangkan , maka dari itu di semester 1 ini lah saya harus mulai  menggali kemampuan saya , kreatif dan wawasan yang berhubungan dengan system informasi  , agar menemukan  bakat atau skill saya .
Di lapangan pekerjaan  saya ingin menjadi orang yang mampu mengisi kebutuhan lapangan kerja sesuai kompetensi  jurusan dan skill saya , mampu mengadakan kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan kesejahteraan nmasyarakat  , dan mampu mendirikan wirausaha di bidang yang saya tekuni  .
Semester 8 adalah  salah satu dimana kita menentukan nasib kita , apakah kita lulus atau tidak , setelah kita berkuliah selama kurang lebih 4 tahun . Prosedur – prosedur yang sudah di tentukan universitas wajib saya kerjakan dan hasilnya harus maksimal .  Nilai IPK 3,9 juga harus saya usahakan , semoga semuanya dapat terwujud .
Amiiiin  . . .
Saya masi bingung untuk prospek  kejurusan yang saya tekuni , tetapi Setelah saya browsing, ternyata prospek kerja jur SI cukup bagus dan OKe – oke  ,
Menurut forum yang saya baca , katanya  lulusan system informasi bisa melamar kerja jadi analis SI, bisa masuk dunia pemrograman, masuk dunia bisnis-manajemen, dan sebagainya .
Pokoknya permintaan akan jurusan  ini tidak akan berkurang  karena perkembangan teknologi akan terus meningkat.
Yang pasti, sekarang ini masih ada waktu untuk menambah dan mengembangkan potensi diri. Selain itu JANGAN LUPA, harus kuasai bahasa asing terutama bahasa INGGRIS.
Hm menurut saya sih, kita pastinya harus kembangin kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman (sesuai minat dan kebutuhan), internet, sistem operasi, dan sebagainya . Habisnya, kalo liat iklan lowongan kerja kebanyakan ada kata-kata “menguasai Windows, Linux, bahasa Inggris lisan maupun tulisan, menguasai bahasa pemrograman ‘X’, dan sebagainya”..
soft skill juga nggak ketinggalan lhooo
Sudah siap sediakah anda ? ? ? ?
Saya .  Sedang berusaha….    JIA YOU !  kawan-kawaaan ! ! ! !

     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar